• Breaking News

    saratsehat

    Menyajikan info teraktual mengenai dunia kesehatan,yg dilansir dari sumber-sumber yg terpercaya

    Tuesday, January 31, 2017

    Cara Mengatasi Jerawat Secara Cepat dan Alami

    Cara Mengatasi Jerawat Secara Cepat dan Alami

    Assalamualikum wr,wb,salam sejahtra untuk kita semua,kembali lagi bersama kami di saratsehat yg menyajikan info-info teraktual yg di lansir dari berbagai sumber terpercaya.Pada kesempatan kali ini kami menyajikan informasi  mengenai penjelasan mengenai jerwat dan cara mengatasinya, berikut penjelasanya,,,,!

    Sebelum kiat membahas tentang bagai mana membasmi jerawat kita perlu tau apasih yg di maksud dengan jerawat,,yah tentu setiap oarang mengetahinya,tetapi apa salahnya untuk mengetahu nya lebih dalam,untuk menambah wawasan,heheheheheheeeeee




    Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.


    Penyebab jerawat


    •         Produksi minyak berlebihan

    Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh.Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

    •          Sel-sel kulit mati

    Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.
    •    Bakteri

    Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
    •           Kosmetik

    Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

    Jenis jenis jerawat
    • Komedo
    Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
    • Jerawat biasa
    Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
    • Jerawat batu (Cystic acne)
    Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
    1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
    2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
    3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit
    sumber:(wikpedia)

    • Cara mengatasi jerawat secara cepat dengan bahan yg alami 

    Nah sekarang setelah kita mengetahu ap itu jerawat ,penyebanya dan jenis2 jenisnya,sekarang kita lanjut ke cara mengatasinya biar wajah,kembali mulus seperti semula,berikut cara mengatsi jerawat dengan cara alami


    1.Pepaya 

     pepaya
    Buah pepaya adalah salah satu jenis buah banyak digunakan dalam cara produk kecantikan saat ini. Berita baiknya anda tidak perlu membeli satu persatu produk-produk tersebut untuk mendapatkan manfaatnya. Olah sendiri dan gunakan buah pepaya untuk cara mengobati menghilangkan jerawat secara alami.

    Pepaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati kelebihan lapisan lipid di permukaan kulit wajah & membuatnya terlihat lembut dan halus. Lipid adalah sebuah istilah yang umum untuk lemak yang merupakan asal terbentuknya minyak. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain  berguna untuk mengurangi peradangan & membantu mencegah terbentuknya nanah.

    2.madu dan stroberi



    Madu dan stroberi adalah obat cara alami jerawat paling manjur & sangat mudah dibuat. Stroberi memiliki kadar asam salisilat  tinggi yang dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Asam Salisilat adalah bahan dasar penyembuh jerawat  banyak digunakan obat-obat komersil.

    Asam ini bekerja dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat & menetralkan bakteri sehingga infeksi tidak terjadi.
    Madu bekerja dengan cara melawan bakteri penyebab infeksi yang mungkin saja berada di dalam jerawat. Madu juga berfungsi sebagai anti inflamasi.

    3.Mentimun


    Tentu kita sangat familiar dengan buah yang satu ini. Mentimun adalah salah satu bahan alami yang mempunyai khasiat untuk cara menghilangkan jerawat di wajah kita secara alami. Jenis buah satu ini kaya akan vitamin dan mineral serta berbagai macam zat penting dan sangat dibutuhkan oleh kulit kita khususnya kulit wajah. Cara menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan wajah menghilangkan jerawat dan bekas yang ada sangat mudah. Aplikasikan masker terbuat dari  buah mentimun yang sudah dihancurkan pada wajah kita. Tunggu beberapa menit dan bersihkan wajah kita dengan menggunakan air. Lakukan cara rutin untuk menghilangkan jerawat

    4.Jeruk nipis 


    umumnya dipakai oleh ibu rumah tangga untuk keperluam memasak dan mencuci piring-piring kotor. Selain itu jeruk nipis juga banyak sekali dijadikan sebagai obat karena banyak mengandung Vitamin C. Jeruk nipis bisa dijadikan obat untuk menghilangkan jerawat yang cukup efektif.
    • Sediakan 1 buah jeruk nipis
    • Peras airnya dan ambil sekitar 1-2 sendok makan
    • Campur dengan madu 1-2 sendok makan
    • Oleskan pada jerawat menggunakan kapas
    • Biarkan selama 10-20 menit
    • Bilas dengan air hangat hingga bersih
    • Lakukan dengan rutin hingga jerawat sembuh
    5.Es batu 

    Berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat sekaligus membantu mengecilkan pori-pori pada kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kotoran pada kulit dan menghilangkan minyak berlebih yang menumpuh pada kulit.

    Cara Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu
    • Siapkan es batu secukupnya
    • Bungkus menggunakan kain yang bersih
    • Tempelkan pada area wajah yang berjerawat secara merata
    • Tahan selama beberapa menit dan lepaskan ketika sudah tak bisa menahan rasa dinginnya
    • Ulangi lagi terus proses tersebut selama berkali-kali sekitar 10-20 kali
    • Lakukan cara ini dengan rutin hingga jerawat benar-benar sembuh
    itulah beberapa cara mengatasijerawat yg bisa anda pertimbangkan

    Skian informasi yg dapat kami sampaikan ,jangan pernah bosan untuk mengunjungi kami di saratsehat.blogspot.com, kami siap melayani anda dengan informasi-informasi teraktual yg dilansir dari berbagai sumber terpercaya,wasalammualaikum wr,wb
    untuk melihat berita terupdate lainnya klik DISINI 

      

    No comments:

    Post a Comment